Dibalik Kisah Sukses Google

Larry Page Sergey Brin dan Google

Kisah sukses google merupakan salah satu success story yang menghiasi perjalanan sejarah manusia di abad ini. Seperti yang Anda ketahui, google saat ini merupakan mesin pencari informasi yang paling banyak digunakan manusia, bahkan untuk sekedar melihat atap rumah dari sudut atas pun google map dapat diandalkan tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar dan prosedur yang ribet.

Tidak banyak yang tahu kalau mesin pencari informasi ini dibuat oleh Larry Page dan Sergey Brin, padahal mereka berdualah yang menjadi sumber kisah sukses google, tanpa mereka berdua, barangkali google tidak akan dikenal seperti saat ini.

Kisah Sukses Google

Seperti tabiatnya kisah sukses lainnya, kisah sukses google dibangun dari banyak hal, namun inti dari kisah sukses google ini dibangun dari 4 hal yaitu:

Faktor atribut adalah faktor eksternal yang membantu seseorang maupun perusahaan dalam membangun kesuksesan, atribut ini dapat berupa pengalaman, fasilitas atau pun financial. Dalam kisah sukses google, faktor atribut ternyata tidak memberi banyak bantuan.

Hanya dengan modal 100.000 dolar saja, ukuran yang kecil untuk sebuah perusahaan, google tampil melesat. Hanya dalam waktu 6 tahun saja, nilai penjualan google meroket naik menjadi 3,2 milyar dolar. Satu tahun kemudian, meroket menjadi 79,6 dollar. Singkat kata, yang jadi penentu keberhasilan google adalah dirinya sendiri, para pendiri dan para pekerjannya.

Versatilis merupakan bentuk manusia pekerja model baru yang mulai banyak berkembang beberapa tahun terakhir. Manusia versatilis adalah mereka yang memiliki kemampuan untuk menciptakan produk dan pada saat yang sama mereka memiliki kemampuan untuk memasarkan.

Larry Page dan Sergey Brin sebagai pencipta google ternyata tidak hanya berhenti menciptakan saja, tapi mereka mendirikan perusahaan bahkan berhasil menjual produk hingga menghasilkan keuntungan yang besar

Menempatkan orang yang terbaik merupakan kunci utama dalam kisah sukses google. Larry Page dan Sergey Brin bahkan tidak segan-segan membajak ahli-ahli komputer dari beberapa perusahaan terkemuka seperti yahoo dan Microsoft.

Perhatian terhadap karyawan merupakan bagian yang tidak kalah penting dari kisah sukses google yang dibangun oleh Larry Page dan Sergey Brin. Selain pada aspek gaji yang tinggi, google bahkan mempekerjakan koki hebat untuk membuat masakan sehat untuk karyawannya.

Selain itu, untuk membangun suasana keterbukaan dan kekeluargaan, Larry Page dan Sergey Brin bahkan merancang kantor dengan sekat-sekat yang minimal hanya sekedar untuk membangun kedekatan dengan karyawan.

Saat ini google terus berinovasi mengembangkan produknya, tak heran jika beberapa perusahaan besar yang core bisnisnya dalam bidang komputer di dunia ini cukup khawatir dengan keagresifan google dalam berinovasi.

Apakah kisah sukses google ini akan berakhir? Tidak ada yang tahu, yang pasti, sesaat setelah Larry Page dan Sergey Brin ini puas dan berhenti berinovasi, maka pada saat itulah kisah sukses google akan segera berakhir.

 

Dibalik Kisah Sukses Google

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *