Teknologi Air Cooler Tidak Sama dengan AC

Teknologi Air Cooler

Banyak orang yang tidak merasa jika tinggal di udara yang panas. Untuk yang tinggal di kawasan yang panas pastinya harus memiliki banyak cara agar tetap adem, bukan? Salah satunya bisa dengan menggunakan air cooler. Pemanfaat alat tersebut akan sangat berguna bagi mereka, terlebih untuk yang tinggal di kota panas, seperti Jakarta, Surabaya, ataupun Banten, dan lainnya.

Apakah alat tersebut sama dengan alat pendingin lainnya, seperti air conditioner atau AC dan juga kipas angin? Tentu saja berbeda karen alat ini memberikan sensasi yang berbeda dengan dua alat tersebut. Namun untuk mengetahuinya secara mendetail, ada baiknya kita simak ulasannya dalam artikel yang cukup singkat ini.

Teknologi Sejuknya Air Cooler

Pernahkah merasakan udara pegunungan yang sangat sejuk? Ya jika sudah di sana tentunya kita pun akan merasa betah untuk berlama-lama, bukan? Jika sudah begitu, kita pun akan benar-benar menikmati kesejukan udara di sana. Dengan demikian, kita tidak akan rela untuk pulang ke rumah, terlebih jika rumah pun sedang dalam keadaan yang panas.

Untuk itulah, dihadirkan alat pendingin yang penyejuk yang bernama dengan air cooler. Alat tersebut memiliki pengertian yang mudah untuk dipahami. Alat tersebut dibentuk dnegan dua kata, yakni ‘air’ dan ’cooler’. Untuk ‘air’ sendiri merupakan ‘udara’, sedangkan ’cooler’ sendiri merupakan ‘penyejuk’. Jadi bisa diartikan bahwa alat tersebut akan memberikan banyaknya kesejukan yang datang ke hadapan kita.

Alat ini merupakan alat yang sangat nyaman digunakan, tentunya jika dibandingkan dengan kipas angin. Kenapa demikian? Hal itu karena dalam alat ini yang keluar adalah udara yang sejuk, bukan dingin. Hal itu karena dalam alat ini terdapat semacam air yang difilter sebelum dikeluarkan.

Teknologi Air Cooler Tidak Sama dengan AC

Jika ingin memiliki alat yang sejuk tersebut, ada baiknya untuk menyimak ulasan mengenai 7 poin yang sangat penting diketahui tentang Air Coller. Kenapa demikian? Ya karena jika tidak mengetahuinya, salah-salah kita hanya akan memiliki alat yang salah saja. Jadi langsung saja kita lihat berikut ini.

1. Alat yang memiliki watt rendah

Air cooler merupakan alat elektronik yan pastinya memiliki kapasitas untuk listrik kita di rumah. Sepertti halnya alat elektronik lainnya yang memiliki watt, demikian juga alat penyejuk tersebut. Namun jangan khawatir karena watt yang dimiliki oleh alat ini jauh lebih rendah, jika dibandingkan dengan pendingin lainnya, khususnya dengan AC.

Alat penyejuk tersebut memiliki watt sekitar 80-110. Tentunya dengan watt yang kecil tersebut cukup aman untuk kita, baik untuk kekuatan di rumah ataupun dengan isi dompet kita sendiir. Hal inilah yang jauh berbanding dengan watt yang dimiliki oleh AC. AC sendiri memiliki watt palilng kecil sebesar 300 watt!

2. Fungsinya untuk membuat sejuk, bukan untuk dingin

Kedua kata tersebut tentunya memiliki perbedaan, bukan? Apakah artinya sejuk dan dingin dan itu tentunya memiliki perbedaan yang sangat jelas terlihat. Hal inilah yang difungsikan untuk alat ini, yakni hanya memberikan kesejukan, bukan memberikan suhu yang dingin. Adapun untuk mendapatkan suhu dingin bisa memiliki AC.

Untuk itu, ketika memiliki sebuah alat tersebut, ruangan kita haruslah memiliki ventilasi atau saluran udara yang bagus. Kenapa demikian? Hal itu karena efek yang diberikan oleh air cooler terhadap ruangan adalah memberikan suhu yang lembap. Untuk itu, penting bagi kita untuk melihat apakah alat tersebut memiliki humidifier atau tidak? Humidifier tersebut memiliki fungsi untuk mengurangi kelembapan ruangan.

3. Harus rajin mengisi ulang

Kenapa kita harus rajin mengisi ulang? Memangnya apa yang ada dalam alat tersebut? Sebagai alat yang memberikan kesejukan, alat tersebut memiliki sebuah tangki yang berisi air atau es. Nantinya air atau es yang keluar tersebut akan menjadi uap yang isinya menyejukkan. Jika terlalu lama maka isi dari tangki tersebut akan habis.

Nah jika sudah begitu, untuk mendapatkan kesejukan lagi maka alat tersebut haruslah diisi ulang. Adapun kapasitas untuk tangkinya biasanya hanya 5 liter saja, dan itu hanya akan bertahan selama 3-4 jam saja.

4. Memiliki keunggulan yang bisa dipindah ke tempat lain

Keunggulan yang sangat dirasakan dalam hal penempatannya adalah bahwa alat ini adalah portable. Ya alat ini memang bisa dipindahkan ke tempat yang lainnya, tidak berat dan juga tidak ribet. Untuk itu, ketika memiliki alat tersebut pastinya kita akan dimudahkan.

Lain halnya dengan AC maka itu tidak bisa dipindahkan ke tempat yang lain, dan tidak bisa dibawa-bawa. AC harus menetap di satu tempat dan hanya untuk ruangan yang tertutup saja karena agar ruangannya tetap terjaga suhunya.

5. Fungsinya jauh dengan kipas angin

Alat ini berfungsi sebagai penyejuk dan bisa memberikan kenyamanan yang diharapkan. Hal inilah yang berbeda dengan alat bernama kipas angin. Kenapa demikian? Karena kipas angin hanya akan memberikan sensasi dingin, namun tidak terlalu menyehatkan. Malah banyak juga yang menyebabkan datangnya masuk angin karena terlalu lama berada di dekat kipas angin.

Dengan air cooler maka udara sejuk akan kita nikmati. Namun tentu saja harus dengan mengaktifkan tombol humidifiernya. Jika tidak maka fungsinya akan sama dengan kipas angin, hanya membuat udara bergerak di salah satu sisi saja.

6. Apakah air cooler bisa menyehatkan atau justri sebaliknya?

Mungkin inilah yang menjadi pertanyaan yang sering dilontarkan jika ingin membelinya. Bagaimana tidak, banyak kasus yang menimpa bahwa dengan alat pendingin atau penyejuk, jika berlama-lama maka akan menyebabkan penyakit datang menghampiri tubuh kita.

Cara kerja alat ini adalah dengan memberikan suhu yang sejuk, yakni dengan mengeluarkan uap dari air yang ditampung dalam tangkinya. Hanya saja nantinya ruangan akan menjadi lembap. Seperti kita tahu jika manusia berdiam terlalu lama di dalam ruangan yang sangat lembap, maka akan sangat berisiko, salah satunya bisa datang penyakit pernapasan.

Untuk itu, sebelum menggunakan alat ini, sebaiknya pastikan terlebih dahulu ruangan tersebut memiliki ventilasi yang cukup bagus. Kenapa? Tentunya agar ruangan tersebut tidak terlalu lembap dan akan aman untuk yang di dalamnya.

7. Apakah memiliki efek samping?

Adakah alat elektronik yang memberikan efek samping untuk manusia? Bukankah itu hanya untuk obat dan makanan saja? Ternyata tidak demikian karena alat elektronik pun ada yang memiliki efek samping. Namun bagaimana dengan alat yang satu ini?

Secara garis besar alat ini tidak akan memberikan efek samping bagi tubuh. Untuk itu, disarankan jangan menggunakannya dekat dengan tubuh, sebaiknya simpan alat ini di sisi yang jauh. Toh nantinya kita pun akan mendapatkan kesejukan yang kita butuhkan. Dengan begitu, efek samping yang ditakutkan tidak akan pernah terjadi.

Namun sekali lagi yang harus kita pahami adalah bahwa alat ini tidak akan memberikan sensasi dingin layaknya AC, hanya akan memberikan kesejukan. Hal itu karena kedua alat ini berbeda fungsi. Semoga dengan pembahasan mengenai air cooler ini bisa bermanfaat, khususnya bagi yang ingin mendapatkan kesejukan.

 

Teknologi Air Cooler Tidak Sama dengan AC

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *