Tinggalkan Cara Lama, Saatnya Beralih ke Aplikasi Absensi Online Berbasis Web

aplikasi absen online

Kemajuan teknologi yang terus mengalami perkembangan mengubah cara masyarakat dalam beraktivitas sehari-hari. Contohnya dalam hal belanja yang kini sudah tidak perlu bisa dilakukan melalui marketplace untuk membeli kebutuhan.

Aplikasi Absensi Online Berbasis Web

Dalam dunia kerja pun turut mengalami perubahan aktivitas, dalam hal absensi misalnya. Jika dulu perusahaan masih memakai cara manual untuk merekap kehadiran karyawannya, sekarang sudah berubah. Banyak perusahaan mulai beralih ke aplikasi absen online yang lebih canggih dan praktis.

Ketika teknologi secara perlahan mulai diterapkan dalam dunia kerja, muncul lah perangkat seperti mesin absensi fingerprint yang menggunakan sidik jari. Seiring berjalannya waktu, teknologi untuk absensi karyawan mengalami kemajuan dengan kehadiran aplikasi online.

Namun, banyak orang yang menyangka jika mesin absensi fingerprint sama dengan aplikasi kehadiran online, padahal keduanya memiliki beragam perbedaan. Beberapa perbedaan tersebut, yaitu:

  • Proses pencatatan kehadiran. Mesin fingerprint menggunakan sidik jari, sementara software absensi online menggunakan swafoto atau selfie.
  • Sumber energi. Untuk bisa beroperasi, mesin fingerprint menggunakan baterai sebagai sumber energinya, sedangkan pada aplikasi menggunakan jaringan internet.
  • Jenis perangkat. Mesin fingerprint terdapat alat khusus pada layar scan untuk dapat mendeteksi sidik jari karyawan, sedangkan aplikasi absensi di dalamnya sudah didukung fitur-fitur untuk mencatat kehadiran hingga merekap gaji karyawan.
  • Biaya. Perusahaan perlu mengeluarkan biaya lebih dalam pemakaian mesin fingerprint karena ada biaya pemeliharaan alat yang rutin dilakukan, sementara pemakaian aplikasi absensi biayanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Keunggulan Aplikasi Absensi Karyawan Online Berbasis Web

Beberapa tahun belakangan ini, aplikasi absensi karyawan online lebih direkomendasikan untuk berbagai bisnis. Beberapa pengembang penyedia layanan tersebut sudah menyediakan aplikasi yang berbasis web untuk memudahkan perusahaan dalam memantau kehadiran para karyawannya tanpa perlu menginstall suatu software. Dari segi karyawan sendiri bisa mengakses aplikasinya melalui smartphone

Mesin absensi karyawan online memiliki beberapa keunggulan yang tidak didapatkan pada mesin fingerprint, diantaranya adalah:

Pencatatan Lebih Akurat

Karena didukung teknologi, pencatatan software absensi online lebih akurat dengan menghubungkannya ke jaringan internet. Hal itu membuat sinkronisasi antara waktu yang ada pada perangkat akan langsung sesuai dengan sistem absensi yang dipakai. Terlebih smartphone saat ini sudah memiliki sistem pengaturan otomatis sehingga karyawan tidak perlu lagi melakukan penyetelan waktu untuk mencocokkannya dengan aplikasi absensi.

Lebih Efektif

Penggunaan aplikasi absensi berbasis web lebih efektif dan dapat diakses melalui smartphone setibanya di kantor. Kemudian pihak yang mengelola aplikasi absensi tersebut menerima data secara real-time. Berbeda jika menggunakan mesin fingerprint kemungkinan terjadinya antrean absen tidak terelakkan lagi.

Lebih Hemat Biaya

Hadirnya teknologi internet tak dipungkiri justru memangkas biaya pengeluaran untuk operasional. Apalagi pencatatan absensi dan presensi karyawan menggunakan mesin absensi manual cukup menguras keuangan perusahaan.

Adanya aplikasi absensi berbasis web, perusahaan hanya perlu mengeluarkan biaya berlangganan dan layanan internetnya saja setiap bulan. Lebih praktisnya lagi, karyawan tak terbebani dengan biaya-biaya baru dan bisa langsung memanfaatkan jaringan internet melalui mobile data atau Wifi yang disediakan perusahaan.

Rekap Data Lebih Cepat

Pengumpulan data jadi beban tersendiri bagi perusahaan terutama jika karyawan yang dimiliki dalam jumlah banyak pastinya akan merepotkan tim HR. Namun, dengan kehadiran aplikasi absensi berbasis web rekapitulasi data menjadi lebih cepat, mulai dari pencatatan kehadiran hingga laporan akhir.

Caranya cukup dengan memasukkan tanggal atau kata kunci untuk membuka database yang telah dikumpulkan oleh sistem aplikasi.

Produktivitas Karyawan Meningkat

Ya, penggunaan aplikasi absensi karyawan online mampu meningkatkan produktivitas karyawan. Dengan dukungan sistem HRIS, karyawan dapat mengajukan permohonan cuti lebih cepat dan dapat dilakukan melalui smartphone. Kemudahan tersebut akan memberikan kenyamanan pada karyawan, sehingga mereka dapat lebih giat lagi dalam bekerja.

Rekomendasi Aplikasi Absensi Karyawan Berbasis Web

Apabila Anda ingin menerapkan teknologi aplikasi absensi karyawan di perusahaan Anda, berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi absen online berbasis web terbaik.

E-Days

E-days merupakan aplikasi absensi karyawan berbasis web dapat Anda pertimbangkan. Fitur-fitur yang dihadirkan tidak hanya berkutat pada absensi saja melainkan kemudahan dalam menyiapkan prosedur perusahaan. Aplikasi ini dapat membantu Anda menghitung memantau kehadiran karyawan hingga pembiayaan. Menariknya, aplikasi E-days juga menyorot jam istirahat karyawan dan aspek ini mungkin tidak ditemukan di aplikasi lainnya. Adanya fitur ini memungkinkan perusahaan mengetahui karyawan mana saja yang menyalahgunakan jam istirahatnya untuk keperluan pribadi.

actiPLANS

Aplikasi actiPLANS bisa jadi pilihan tepat untuk membantu perusahaan mengelola data kehadiran karyawan karena efektif dan efisien mengatur absensi secara transparan. Pengajuan cutinya pun sangat mudah, hanya dengan memasukkan jenis cuti yang diinginkan Selain itu, proses operasional actiPLANS sudah terintegrasi dengan actiTIME yang membuat pengaturan waktu mudah disesuaikan dengan setelan. Hal ini juga yang membuat pengaturan dan presensinya dapat dilakukan secara real time.

LinovHR

Terakhir ada aplikasi kehadiran LinovHR yang juga berbasis web untuk jadi pilihan terbaik bagi perusahaan Anda. LinovHR akan membantu Anda dalam mencatat kehadiran karyawan lebih akurat dan langsung dapat menghitung biaya dikeluarkan perusahaan untuk pembayaran gaji berdasarkan jumlah kehadiran. Tak hanya efisien dalam rekapitulasi kehadiran karyawan, LinovHR juga dilengkapi modul payroll yang dilakukan secara otomatis.

Modul ini juga memberikan tempat yang nyaman bagi karyawan untuk mengajukan cuti dan menghitung sendiri berapa sisa cuti karyawan dan langsung diinput ke dalam perhitungan gaji. Dengan begitu, segala urusan administrasi HR akan teratasi dengan efektif berkat dukungan software payroll terbaik.

 

Saatnya Beralih ke Aplikasi Absensi Online Berbasis Web

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.