Keuntungan Memiliki Hobi Membaca

Keuntungan Hobi Membaca

Sudah berapa banyak buku, majalah atau koran yang pernah Anda baca? Seberapa besar minat Anda membaca? Atau jangan-jangan Anda memang tidak suka membaca sama sekali? Jika kegiatan membaca itu dianggap sangat membosankan maka Anda orang yang merugi!

Keuntungan Hobi Membaca

Coba saja cermati hal dibawah ini dan ambil keuntungan dari hobi membaca!

Membuka Wawasan

Pernahkah Anda bertemu seseorang yang gaya bicaranya memukau karena wawasannya yang luas? Padahal, kita mengenal orang tersebut tidak memiliki gelar perguruan tinggi manapun. Nah, bisa jadi orang tersebut pandai berkat membaca. Tidak hanya bacaan bersifat informasi tetapi bacaan sekelas cerpen pun memberikan pengetahuan dan membuka wawasan kita.

Perasaan menjadi lebih peka

Orang yang sering dan hobi membaca biasanya pandai menebak situasi dan pikiran seseorang. Sebab, orang yang hobi membaca terbiasa memahami kata-kata tersirat dari buku atau infomasi yang sedang dibacanya. Tidak heran bila perasaan mereka pun menjadi lebih peka terhadap apapun.

Berani berekspresi

Orang yang gemar membaca mudah meluapkan ekspresinya seperti dalam keadaan marah, jengkel, bahagia dan sayang sekalipun. Mengeluarkan kata-kata atau kalimat merupakan suatu hal yang mudah bagi orang yang gemar membaca. Hal ini berkat bacaan yang dilahapnya secara tidak langsung melatih pikiran dan perasaannya untuk jujur mengungkapkan.

Mudah Bahagia

Orang yang hobi membaca biasanya orang berbahagia. Situasi yang tenang dan tempat yang nyaman merupakan kesenangan tersendiri dan mereka sangat menyukurinya. Itulah sebabnya mereka mudah bahagia karena mereka juga orang yang pandai bersyukur.

Sehat jasmani dan rohani

Salah satu jurnal kesehatan di Amerika Serikat menyatakan orang yang hobi membaca memiliki jasmani dan rohani yang sehat. Hal tersebut karena membaca juga menstimulasi sistem saraf otak sehingga otak tetap bekerja sebagaimana mestinya. Selain itu tekanan darah juga stabil sehingga tidak mudah stress. Dan hal yang lebih penting lagi dengan hobi membaca juga menjauhkan diri dari penyakit Alzheimer atau kepikunan.

Mudah mendapat pekerjaan

Di era teknologi orang yang hobi membaca mudah mendapatkan pekerjaan. Sebut saja blogger, copy writer, dan penulis lepas media cetak dan eletronik. Tetapi sesungguhnya bukan hanya pekerjaan itu saja loh. Sejumlah pekerjaan yang tidak berkaitan dengan dunia kepenulisan pun mudah diraih bagi mereka yang hobi membaca. Salah satunya adalah motivator. Bagi Anda yang sudah memiliki pekerjaan atau profesi tentu juga terbantu berkat hobi membaca, misalnya saja saat harus membaca laporan atau data perusahaan.

Melatih kreativitas

Pernahkah saat kita membaca sering bermunculan ide dan ingin mewujudkannya? Itu pertanda bahwa dengan hobi membaca telah melatih kita menjadi lebih kreatif. Informasi-informasi dari bacaan secara tidak langsung telah terserap oleh otak kita dan menstimulasinya untuk bekerja atau berpikir lebih luas dan terbuka.

Sudah tidak zamannya lagi membully seseorang yang hobi membaca sebagai kutu buku. Dan hobi membaca juga bukan hanya disematkan bagi seorang penulis yang memang berkaitan dengan pekerjaannya.

Banyak manfaat yang bisa didapat dari kegiatan membaca dan kemudian menggemarinya. Segera tumbuhkan minat Anda pada membaca dan ambil keuntungan dari hobi membaca!

 

Keuntungan Memiliki Hobi Membaca

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *