Gambar Tiga Dimensi (3D Picture) Komputer

Gambar Tiga Dimensi

“Tuhan maha agung”. Inilah salah satu kalimat yang rasanya paling tepat untuk menggambarkan salah satu kenikmatan utama yang dikaruniakan Tuhan kepada manusia, yaitu dengan dibekalinya kemampuan melihat.

Betapa tidak, dengan kemampuan itu manusia dapat menyaksikan betapa indahnya dunia ini. Kemampuan melihat yang pada manusia tidak lepas dari adanya dua organ vital yang saling berkaitan satu sama lain, yaitu mata dan otak. Mata merupakan organ yang berfungsi untuk menangkap rangsangan cahaya yang terpantul dari benda-benda yang kita lihat.

Dengan mekanisme optis yang terjadi di dalamnya, rangsangan cahaya tersebut kemudian diubah menjadi sinyal-sinyal listrik yang kemudian diteruskan ke otak untuk diterjemahkan, sehingga kita dapat melihat benda.

Gambar Tiga Dimensi

Kesan penglihatan yang tertangkap oleh otak tersebut berupa objek tiga dimensi (3D object), yaitu mempunyai dimensi panjang, lebar, dan tinggi. Penangkapan objek dalam bentuk tiga dimensi ini akan membuat ilusi penglihatan menjadi lebih dalam.

Manusia dengan kemampuannya dapat menciptakan teknologi tiga dimensi seperti yang ditunjukkan oleh interaksi antara mata dan otak. Dalam hal ini, gambar-gambar, foto-foto, atau objek-objek dalam bidang datar dapat ditampilkan seolah-olah keluar dari bidang tersebut, sehingga tampak lebih nyata. Salah satu teknik gambar dalam bentuk tiga dimensi (3D picture) adalah dengan menggunakan komputer.

Untuk menampilkan gambar dalam bentuk tiga dimensi, komputer melakukan tahapan-tahapan sebagai berikut.

  • Wire Frame, yaitu tahapan pembuatan kerangka objek yang akan ditampilkan dalam bentuk tiga dimensi. Dalam tahap ini, kerangka objek dinyatakan dalam bentuk rangkaian segi banyak (poligon) dengan ukuran dan arah atau orientasi tertentu.
  • Texture, yaitu tahapan pemberian warna dan tekstur pada kerangka yang telah dibuat sebelumnya, sehingga objek akan tampak lebih jelas.
  • Shading and Reflection, yaitu tahapan pengarsiran dan pemberian efek pencahayaan. Selain itu, pada tahap ini, komputer juga menentukan tingkat kekasaran permukaan objek (gambar).

Tahapan-tahapan tersebut di atas dilakukan berdasarkan perintah user (pengguna komputer) dengan menggunakan software tertentu.

Saat ini, gambar tiga dimensi yang dibuat dengan teknik komputer banyak dimanfaatkan dalam berbagai bidang, misalnya dalam bidang kedokteran teknologi gambar 3D digunakan untuk membuat model sel, molekul, dan organ.

Teknologi ini juga digunakan dalam bidang radiologi (diagnosis penyakit menggunakan sinar-X). Selain itu, teknologi gambar 3D juga digunakan dalam bidang industri, misalnya untuk mendesain pesawat terbang, mobil, dan lain-lain.

 

Gambar Tiga Dimensi (3D Picture) Komputer 

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *