Telat Ganti Oli Motor Inilah Resikonya

Telat Ganti Oli Motor

Telat Ganti Oli Motor Inilah Resikonya. Ganti oli merupakan salah satu aspek perawatan yang paling penting untuk mesin sepeda motor. Hal ini disebabkan oli memiliki peran yang sangat krusial bagi sepeda motor. Beberapa fungsi oli adalah sebagai pelumas, pembersih, pelindung, dan pendingin mesin motor. Jadi jika terlambat mengganti oli motor akan terjadi beberapa resiko terhadap mesin

Telat Ganti Oli Motor

Saat ini sepeda motor sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian besar orang. Oleh karena itu, jika memiliki kendaraan motor matic maupun manual, wajib untuk merawatnya, termasuk mengganti olinya. Namun beberapa orang masih sering melupakan pentingnya ganti oli, padahal memiliki banyak manfaat bahkan banyak ulasan rekomendasi Oli Motor Matic terbaik di Indonesia.

Ada beberapa alasan orang tidak segera mengganti oli motornya dan sebagian pemilik motor ternyata ada yang percaya mitos dibalik oli yang jarang diganti. Berikut ini beberapa mitos yang beredar di masyarakat

Mitos: Saya jarang pakai sepeda motor, jadi tidak perlu sering-sering ganti oli

Faktanya: Meski jarang digunakan, sebaiknya Anda tetap mengecek dan mengganti oli sepeda motor secara teratur. Seperti layaknya produk yang lain, performa dan kualitas oli akan menurun. Jika oli terlalu lama dibiarkan dan tidak diganti, zat aditif pada oli akan menguap dan oli akan berubah menjadi lumpur berminyak. Tentunya hal ini tidak baik untuk sepeda motor Anda.

Mitos: Performa sepeda motor saya masih baik, jadi saya tidak perlu ganti oli

Faktanya: Performa sepeda motor bukanlah indikator utama kapan oli sepeda motor harus diganti. Langkah pertama yang harus dilakukan untuk memilih indikator penggantian oli yang tepat adalah mempertimbangkan penggunaan sepeda motor. Tergantung keadaan, Anda bisa menggunakan jarak tempuh atau waktu tempuh sebagai indikator saat menentukan kapan waktunya Anda mengganti oli. Untuk informasi lebih lanjut, baca (di sini).

Mitos: Ganti oli itu mahal dan tidak begitu penting

Faktanya: Ganti oli adalah hal yang sangat penting untuk memperpanjang usia dan menjaga performa sepeda motor. Ini Pilihan SGO 4T SAE 20W-50 untuk Oli Motor matic. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, oli yang jarang diganti akan rusak dan performanya akan menurun. Hal ini pasti berpengaruh pada mesin sepeda motor. Jadi, jika tidak mau keluar uang banyak untuk memperbaiki mesin sepeda motor, lakukan perawatan secara rutin.

Resiko Telat Ganti Oli Motor

Beberapa resiko yang diakibatkan telat ganti motor, antara lain:

Gesekan berlebih pada mesin

Oli berfungsi sebagai pelumas mesin dan performa sepeda motor kita sangat bergantung pada seberapa teratur kita mengganti olinya. Oli sepeda motor akan melumasi bagian-bagian pada mesin. Jika mesin kekurangan pelumas atau oli yang digunakan sudah kotor, mesin sepeda motor akan bekerja lebih keras, sehingga terjadi gesekan berlebih pada mesin. Gesekan berlebih inilah yang akan mengurangi kualitas mesin. Ini rekomendasi oli motor bebek terbaik.

Penurunan kualitas oli

Hal terpenting yang perlu diingat adalah: oli yang jarang diganti akan mengalami penurunan kualitas. Selain zat aditif yang akan menguap, manfaat oli untuk melumasi mesin tidak akan terasa lagi seiring berjalannya waktu. Saat hal ini terjadi, mesin akan lebih cepat dan lebih sering panas. Anda pasti tidak mau ‘kan sepeda motor Anda mogok di tengah jalan?

Usia mesin memendek

Poin ini menggambarkan apa yang akan terjadi jika kedua poin sebelumnya sudah Anda alami. Jika jarang mengganti oli sepeda motor, khasiat oli akan berubah dan bahkan menurun. Ketika oli tidak lagi dapat melumasi mesin, mesin akan bekerja lebih keras, meskipun jarak tempuhnya lebih sedikit. Jika dibiarkan, usia mesin sepeda motor akan memendek.

Kita sudah membahas lebih dalam mengenai pentingnya mengganti oli. Beberapa mitos tentang ganti oli pun sudah dibahas dan penjelasan rasional yang membantah mitos-mitos yang membuat orang-orang merasa tidak perlu mengganti oli terlalu sering pun sudah diberikan.

Dengan informasi tentang akibat oli jarang diganti, kami berharap bisa memberikan bekal bagi Anda untuk mulai melakukan perawatan rutin terhadap sepeda motor Anda mengikuti  rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia.

Sumber: https://www.lenteraonline.com

 

Telat Ganti Oli Motor Inilah Resikonya

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.