Soto Khas Daerah di Indonesia yang Terkenal Lezat

Soto Khas Daerah di Indonesia yang Terkenal Lezat

Tahukah Anda apa yang membuat soto banyak digemari? Banyak yang berpendapat bahwa lezatnya soto karena kuahnya. Ada juga yang mengatakan bahwa soto merupakan makanan yang dinikmati kapan saja tanpa mengenal musim. Bahkan, ada pula yang menganggap bahwa hanya soto sebagai teman yang cocok untuk ketupat atau lontong.

Soto Khas Daerah di Indonesia

Perlu diketahui bahwa Indonesia memiliki lebih dari 25 macam soto dan bukan hanya dua macam yang kita kenal yaitu soto ayam atau sapi. Nah, dibawah ini adalah soto khas daerah di Indonesia yang terkenal lezat.

Soto Madura

Meskipun makanan satu ini identik dengan warung kaki lima, tetapi rasanya sungguh luar biasa. Kekhasan Soto Madura adalah isinya yang terdiri dari jeroan sapi dan ayam suwir. Kuahnya yang sedikit mengental dan berwarna kekuningan ini dilengkapi dengan kol, tauge, telur rebus, dan taburan bawang goreng. Di tambah lagi kecap, jeruk nipis, dan sambal untuk menyempurnakan kelezatan Soto Madura.

Soto Betawi

Tampilan Soto Betawi mirip dengan Soto Madura. Hanya saja kekhasan Soto Betawi terletak pada isinya yaitu babat, usus, paru, limpa, dan kuahnya yang sangat kental dan berasa gurih karena santan. Ciri khas lain dari Soto Betawi adalah pelengkapnya yaitu irisan tomat, daun bawang, emping, acar dan taburan bawang goreng.

Soto Bandung

Bagi Anda yang tidak menyukai santan, Soto Bandung ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Meskipun tidak banyak menggunakan bumbu rempah-rempah, tetapi Soto Bandung kurang lengkap tanpa irisan lobak putih dan kacang kedelai goreng sebagai ciri khasnya. Daging has sapi dalam biasanya sebagai bahan utama dari Soto Bandung.

Soto Padang

Soal rasa, Soto Padang juga tidak kalah hebatnya dari masakan Padang lainnya. Ciri khas Soto Padang adalah isinya yang komplit seperti daging sapi has dalam, paru goreng , bihun, tauge, perkedel, dan kerupuk merah sebagai pelengkapnya. Kelezatan Soto Padang berasal dari kuahnya yaitu menggunakan air rebusan daging sebagai kaldu. Uniknya lagi, rasa Soto Padang juga kurang menendang tanpa sambal balado.

Soto Medan

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa Medan juga memiliki soto yang rasanya sangat lezat. Ciri khas Soto Medan adalah tampilan kuahnya yang didominasi santan, disertai aroma jintan dan serai yang menggugah selera. Isi Soto Medan biasanya terdiri dari ayam suwir, perkedel atau kentang rebus dan bisa juga ditambahkan telur ayam rebus. Untuk menambah kenikmatan, jangan lupakan irisan daun bawang dan taburan bawang goreng diatasnya.

Coto Makassar

Kelezatan coto Makassar terletak pada kuahnya yang kental tanpa menggunakan santan. Kekentalan tersebut berasal dari kacang tanah yang di tumbuk. Soto yang biasanya dimakan dengan ketupat ini juga banyak menggunakan daging dan isi perut sapi sebagai bahan utamanya. Untuk menambah kelezatan, Coto Makassar paling enak dimakan bersama sambal tauco.

Ada juga Soto Bangkong Semarang 

Soto ayam atau sapi merupakan jenis soto yang sudah kita kenal. Padahal, ada banyak jenis soto khas daerah di Indonesia yang terkenal lezat. Kelezatan soto daerah pada umumnya terletak pada bumbu dan cara pengolahannya. Kelezatan lainnya adalah berkat penggunaan bumbu rempah-rempah yang menjadi pembeda rasa dari setiap aneka soto di Indonesia.

 

Soto Khas Daerah di Indonesia yang Terkenal Lezat

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *