Cara Menggunakan Cairan Disinfektan yang Baik dan Benar

Menggunakan Cairan Disinfektan

Disinfektan merupakan salah satu jenis cairan yang dapat digunakan untuk membunuh berbagai jenis mikroba. Salah satu penggunaan disinfektan ialah untuk membunuh virus corona yang saat ini masih menyebar ke seluruh dunia. Namun, apakah Anda tahu bagaimana cara menggunakan disinfektan yang baik dan benar? Berikut penjelasan selengkapnya:

Gunakan Desinfektan untuk Lantai Rumah Anda

Pertama, gunakan disinfektan untuk lantai rumah Anda. Lantai merupakan salah satu tempat yang sering kali kotor karena sering dipijak. Tak hanya itu saja, karena gravitasi membuat beberapa zat jatuh ke lantai.

Virus yang sering kali menyerang pernafasan adalah contoh nyatanya. Virus yang menyebabkan penyakit flu dan COVID-19 bisa jatuh ke lantai melalui droplet. Virus akan bertahan beberapa saat dan jika tersentuh oleh tangan dan mengenai membran mukosa akan menular.

Semprotkan Disinfektan Pada Barang yang Sering Anda Pegang

Berikutnya, semprotkan larutan disinfektan pada barang-barang yang sering Anda pegang. Semprotkan disinfektan pada gagang pintu, meja, kursi, dan lain sebagainya. Semprotkan disinfektan kemudian lap dengan menggunakan kain yang bersih.

Virus dan juga bakteri akan mati dan disinfektan tidak akan merusak barang-barang Anda. Ya, bahan yang keras sering kali membuat lapisan pada barang-barang Anda mengelupas dan akhirnya rusak.

Jangan Rendam Barang dengan Larutan Disinfektan Terlalu Lama

Jika Anda terpaksa harus merendam suatu barang menggunakan cairan disinfektan, sebaiknya jangan direndam terlalu lama. Misalnya pada baskom yang digunakan sebagai wadah cairan tubuh seperti darah, atau urine. Rendam sekitar 10 hingga 15 menit saja.

Jika terlalu lama, ditakutkan cairan disinfektan tersebut merusak lapisan baskom Anda. Kemudian bisa membuat baskom dengan bahan logam menjadi korosi dan tidak bisa dipakai lagi.

Sebaiknya Gunakan Sarung Tangan Ketika Mengaplikasikan Disinfektan

Karena sifat disinfektan yang cukup merusak, sebaiknya dalam pengaplikasiannya gunakan sarung tangan. Sarung tangan akan melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat cairan disinfektan.

Begitulah cara menggunakan disinfektan yang baik dan benar. Disinfektan dapat membunuh mikroba, namun dengan cara yang salah Anda bisa menjadi korbannya. Semoga dengan informasi di atas, Anda bisa lebih hati-hati dam waspada pada penggunaan disinfektan.

Sebaiknya gunakan jasa semprot disinfektan agar tidak salah dalam mengaplikasikan disinfektan. Namun pastikan memilih jasa profesional dengan harga wajar yang terjangkau tanpa mengurangi kualitas chemical disinfektan yang digunakan. Semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda.

 

Cara Menggunakan Cairan Disinfektan yang Baik dan Benar

You May Also Like

About the Author: AchMaulidi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *