Belajar Bahasa Inggris dengan Menonton Film

Belajar Bahasa Inggris dengan Menonton Film

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk belajar bahasa Inggris. Yang paling umum adalah ikut kursus bahasa Inggris seperti di EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional. Namun belajar dan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris bisa dengan cara lain yaitu dengan menonton film.

Menonton film bisa jadi cara menyenangkan buat yang mau belajar serta meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Karena, bisa mempelajari bahasa Inggris sekaligus mengikuti jalan cerita dari film tersebut. Tapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya bisa memudahkan proses belajar bahasa Inggris dengan cara menonton film.

Mulai Menonton Genre Film yang Mudah Dipahami

Setiap genre dalam film menggunakan kata-kata yang berbeda satu sama lain. Supaya lebih mudah dalam mempelajari bahasa Inggris melalui film, lakukan dengan memilih genre film yang mudah untuk dipahami seperti film kartun atau komedi yang umumnya menggunakan pemilihan kata yang lebih umum.

Hindari genre film yang lebih rumit seperti science fiction karena beberapa kata yang digunakan merupakan uncommon vocabulary atau kata-kata yang tidak umum digunakan sehari-hari.

Tonton Film Tersebut Bersama Teman-Teman

Nonton film sambil belajar tidak harus dilakukan sendirian karena  juga bisa melakukannya bersama dengan teman-teman. Cara ini bisa membantu secara efektif untuk memahami bahasa Inggris karena bisa bertanya kepada teman  apabila ada bahasa yang tidak dimengerti.

Selain itu, menonton film bersama teman-teman juga terasa lebih seru karena bisa membahas adegan di film tersebut sehingga lebih mudah dalam mengingatnya. Jadi, belajar bahasa Inggris tanpa harus melupakan jalan cerita dari film tersebut.

Perhatikan Aksen dalam Film Tersebut

Ada banyak aksen dalam bahasa Inggris yang digunakan di dalam film. Beberapa aksen tersebut, antara lain seperti American English, Scottish English, Australian English, dan lain-lain. Sesuaikan aksen yang digunakan dalam film tersebut dengan aksen yang ingin kamu pelajari sehingga akan memudahkan dalam mempelajari bahasa Inggris melalui film tersebut.

Perhatikan Subtitle yang Digunakan

Saat menonton film berbahasa Inggris, biasanya akan dibantu dengan adanya subtitle. Kalau ingin belajar bahasa Inggris dari film tersebut, maka perhatikan subtitle yang digunakan. Gunakan subtitle bahasa Inggris agar bisa memudahkan kamu untuk mengetahui apa yang diucapkan oleh aktor di film tersebut.

Hindari penggunaan subtitle bahasa Indonesia karena justru akan membuat kamu membaca subtitle tersebut dan menyulitkan proses belajar bahasa Inggris dari film yang kamu tonton.

Buat Notes yang Berisi Vocabulary Baru dari Film Tersebut

Setelah menggunakan subtitle bahasa Inggris, maka usahakan mencari berbagai vocabulary yang baru ditemukan dari film tersebut. Catat kata-kata tersebut dalam sebuah notes dan cari tahu artinya untuk dipelajari.

Cara ini tergolong efektif untuk menambah perbendaharaan kata dalam bahasa Inggris sekaligus bisa meningkatkan skill bahasa Inggris kamu.

Tonton Ulang Film yang Sama Tanpa Subtitle

Setelah menonton film tersebut dengan menggunakan subtitle bahasa Inggris, lakukan langkah berikutnya yakni menonton ulang film tersebut tanpa menggunakan subtitle.

Menonton ulang film tersebut tanpa subtitle bisa jadi cara yang efektif untuk meningkatkan kemampuan listening dalam memahami apa yang diucapkan oleh aktor dalam film tersebut. Dengan demikian, secara perlahan kemampuan bahasa Inggris kamu akan meningkat dengan sendirinya secara perlahan.

Menonton film bisa jadi cara seru dalam mempelajari bahasa Inggris. Tapi, jika ingin benar-benar mendalami sebaiknya ikut EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional.

Namun jika belajar bahasa Inggris lewat film, pastikan suka dengan film tersebut supaya proses belajar jadi benar-benar menyenangkan. Pilih film favorit dan cari adegan terbaik supaya bisa membuat selalu teringat dengan film tersebut. Selain itu,  juga bisa mengambil quotes yang bermakna dari film tersebut.

 

sumber: https://www.ef.co.id/englishfirst/adults/blog

You May Also Like

About the Author: AchMaulidi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *