Bahaya Isi Ulang Air Minum Sembarangan

Bahaya Isi Ulang Air Minum Sembarangan

Isi Ulang Air Minum bisa menjadi alternatif murah untuk membeli air minum galon. Terlebih saat ini banyak Depot Isi Ulang Air Minum di sekitar kita dengan berbagai macam layanan yang menarik mulai harga yang murah hingga pengantaran gratis. Namun ada beberapa faktor lain yang menyebabkan air minum yang diisi ulang bisa berbahaya.

Bahaya Isi Ulang Air Minum Sembarangan

Air minum sangat penting bagi kehidupan manusia, namun untuk menjaga kesehatan, sebaiknya jangan asal sembarangan membeli air minum isi ulang. Perhatikan tempat atau Depot Isi Ulang Air Minum yang akan kita beli. Dan sebaiknya dihindari jika:

Lokasi depot ada di pinggir jalan yang berdebu

Hal ini karena jalan raya adalah sumber debu dan polusi. Dengan mudah bakteri dan virus bisa ganggu kesehatan tubuh hingga penyakit yang mematikan. Kondisi dari depot jadi kurang steril dan sehat. Dengan tempat yang dekat dengan jalan raya akan membuat bakteri-bakteri masuk kemudian menempel di peralatan pengisian.

Pembersihan galon tidak punya standar

Ketika sedang lakukan isi ulang air minum biasanya konsumen tidak tahu cara dari pemilik depot untuk bersihkan galon. Sikat yang digunakan untuk bersihkan galon ada di luar ruangan serta dipakai bergantian dari satu galon ke galon yang lain. Bagaimana hal itu bisa membuat galon steril dan bersih dari bakteri dan kuman berbahaya? Yang terjadi justru sebaliknya.

Tidak sterilnya alat pengisi air

Peralatan untuk mengisi air antara lain keran pengisian, pipa penyalur air, serta tangki penampungan bersih. Pasti banyak konsumen yang tidak melihat kondisi kebersihan macam-macam benda tersebut. Jadi konsumen tidak akan tahu bagaimana kondisi kebersihan dari alat-alat tersebut.

Bahaya air isi ulang yang seperti ini adalah masuknya bateri merugikan bisa masuk ke tubuh dengan air minum. Bakteri yang asalnya dari depot air isi ulang itu.

Ketidakjelasan sumber air minum

Apabila memakai air mineral dalam kemasan yang bermerek kemungkinan Anda bisa melihat sumber air mana yang dipakai pabriknya. Akan tetapi beda halnya yang dari depot air minum, darimana Anda bisa tahu asal airnya. Bisa saja dari air kotor kemudian disaring tanpa dimasak. Betapa mengerikannya jika hal itu terjadi.

Tips Menghindari Bahaya Air Isi Ulang

Jika Anda terpaksa dan harus membeli air di depot isi ulang maka Anda harus coba untuk hindari segala hal-hal buruk dengan cara-cara seperti dibawah ini.

  • Beli air isi ulang dari depot resmi yang sudah mendapatkan sertifikasi juga bisa dipertanggungjawabkan.
  • Periksa selalu keaslian segel serta label merek dari air minum yang digunakan. Pastikan bahwa air itu tidak dipalsukan.
  • Apabila ada rasa yang agak aneh, apek dan tengik maka Anda jangan minum air itu. Oleh karena air minum yang benar adalah yang rasanya segar serta rasanya tawar.
  • Jika terpaksa harus beli air minum yang diisi ulang pada depot tidak resmi maka Anda harus memasak air tersebut sebelum dikonsumsi. Oleh karena banyak bakteri yang akan mati di suhu tinggi.

Itulah kira-kira apa yang terjadi setiap Anda meminum air minum. Sementara dampaknya akan menyebabkan penyakit-penyakit seperti disentri, sakit perut, tifus, pusing, sampai hepatitis.

Dengan pembahasan bahaya air diatas Anda harus berpikir dua kali untuk beli air isi ulang pada depot yang berada di pinggir jalan. Jangan biarkan kesehatan Anda terganggu.

 

Bahaya Isi Ulang Air Minum Sembarangan

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *